Friday 3 February 2012


  1. Pada saat menit-menit awal, cobalah terlebih dahulu membuat 1 preparat khamir atau kapang dan langsung diamati (Jika hasil pengamatan terlalu ramai akan jamur berarti sampel yg diambil terlalu banyak begitupun sebaliknya). Dari situ Anda bisa mengetahui seberapa banyakah khamir atau kapang yang harus Anda taruh di preparat. Semakin banyak Anda membuat preparat, maka lama kelamaan Anda akan semakin terampil.
  2. Setelah itu buatlah preparat khamir atau kapang sebanyak mungkin (setiap jenis khamir dan kapang cukup 1 preparat terlebih dahulu). 
  3. Barulah diamati semua preparat
  4. Jika ada hasil pengamatan yang kurang memuaskan, barulah diulang (dibuat lagi preparatnya)
  5. Jika hasil yang didapat memuaskan atau sangat memuaskan, bisa dipamerkan ke asisten praktikum (menambah nilai).
Tips- Tips Selama Praktikum :
  1. Selalu Tepat Waktu (baik dalam hal kedatangan, pengumpulan laporan, maupun dalam mengakhiri praktikum) karena itu semua Dinilai.
  2. Selalu Aktif (jangan pernah terlihat nganggur atau hanya melakukan pekerjaan sepele saja selama praktikum. Misalnya : selama praktikum hanya kerjaannya mencuci).
  3. Kecerobohan akan mengurangi nilai. Misalnya : Merusakkan barang (jika terjadi cukup laporkan pada laboran saja), Menyeret mikroskop (Haram hukumnya jika ketahuan), Mengambil kaca preparat tanpa terlebih dahulu, menurunkan panggung mikroskop.
  4. Jagalah kebersihan.
Semoga tips-tips dari saya dapat berguna bagi Anda selama menjalani proses praktikum Mikrobiologi. Nilai bukanlah tujuan utama dalam menjalani praktikum ini, tetapi pengalaman yang Anda dapatkan selama proses praktikum, itulah yang terpenting (bekal bagi Saudara di masa depan). Good Luck !



Tagged: ,

0 comment:

Post a Comment