Thursday 8 May 2014

Faktor – faktor yang perlu di perhatikan dalam proses leaching ada 4 macam:
1.      Ukuran partikel
Ukuran partikel yang lebih kecil akan memperbesar luas permukaan kontak antara partikel dengan liquid, sehingga akan memperbesar laju perpindahan massa, selain itu juga akan memperkecil jarak difusi. Tetapi partikel yang sangat halus tidak efektif bila sirkulasi proses tidak di jalankan, di samping itu juga akan mempersulit pembuangan ampas padat. Jadi harus ada range tertentu untuk ukuran partikel, di mana partikel harus cukup kecil agar tiap partikel mempunyai waktu ekstraksi yang sama. Partikel yang terlalu kecil akan menyulitkan dalam aliran pembuangan.

2.      Pelarut
Pelarut harus memilih yang baik maka tidak akan merusak solute atau residu pelarut, viskositasnya tidak tinggi (kental) agar sirkulasi bebas dapat terjadi.
3.      Suhu operasi
Umumnya kelarutan suatu solut yang akan di ekstrak akan bertambah jika suhunya juga semakin tinggi dan akan memperbesar difusi sehingga naiknya suhu akan menaikkan kecepatan ekstraksi. Tetapi suhu tidak boleh terlalu tinggi karena akan menyebabkan bahan yang diproses rusak.
4.      Pengadukan

Dengan adanya pengadukan, dapat menaikkan difusi,  kecepatan perpindahan massa dari permukaan partikel ke dalam larutan dan mencegah pengendapan.

Daftar Pustaka
Budhikarjono, Kusno, 1996, “ Diktat Kuliah Alat Industri Kimia”, edisi pertama, pp. 99 - 101, Institut Sepuluh Nopember, Surabaya..


Baca juga : Leaching

1 comment:

  1. Jumlah volume pelarut gak mempengaruhi yield ekstraksi gak kk?

    saya kira udah gak ngepost artikel teknik kimia lagi....lanjutkan kk...membantu banget :)

    ReplyDelete