Sunday 22 January 2012

Laporan Praktikum Teknik Kimia - Jurnal laporan biasanya dibutuhkan sebelum praktikan melakukan praktikum. Biasanya, jurnal ini merupakan versi singkat dari laporan yang akan disusun. Untuk mempermudah pembuatan jurnal, kali ini saya akan memberi beberapa laporan yang bisa kalian download supaya pembuatan jurnal menjadi baik adanya.
Beberapa laporan praktikum yang bisa di-download yaitu:

  1. Reaksi Identifikasi Kation Anion download disini
  2. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan reaksi identifikasi beberapa jenis kation dan anion.
  3. Permanganometri download disini
  4. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan pengukuran kadar Fe2+ dalam larutan sampel dengan menggunakan metode titrasi permanganometri. Di sini, titran (larutan kalium permanganat) dibuat 1 hari sebelumnya dengan alasan (alasan dapat dibaca di dalam laporan Bab III), titrasi yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu titrasi pembakuan larutan kalium permanganat oleh larutan asam oksalat, dilanjutkan dengan titrasi penentuan konsentrasi ion fero dalam sampel.
  5. Spektrofotometri download disini
  6. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan pengukuran kadar Fe3+ dalam sampel dengan menggunakan spektrofotometer UV/Vis. Di sini tidak dilakukan titrasi sama sekali, hanya melakukan pembuatan larutan dan pengenceran ke berbagai macam konsentrasi.
  7. Penentuan Kadar Oksigen Terlarut dalam Air download disini
  8. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan pengukuran kadar oksigen terlarut dalam sampel minuman menggunakan titrasi iodometri dengan cara Winkler. Di sini, dilakukan dua kali titrasi yaitu titrasi pembakuan natrium tiosulfat, dilanjutkan titrasi penentuan kadar oksigen dalam sampel.
  9. Penentuan Kadar Vitamin C dalam Sampel download disini
  10. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan penentuan kadar vitamin C dalam sampel dengan metode titrasi iodometri. Di sini dilakukan tiga kali titrasi, dimana titrasi pertama yaitu titrasi pembakuan larutan natrium tiosulfat; pembakuan larutan iodium; dan titrasi terakhir adalah titrasi I2 dengan larutan sampel (untuk menentukan kadar vitamin C dalam sampel).
  11. Asidimetri - Alkalimetri download disini
  12. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan titrasi asidimetri-alkalimetri. Di sini, total dilakukan titrasi sebanyak dua kali yaitu titrasi untuk asidimetri dan titrasi alkalimetri.
  13. Penentuan Kadar NaCl dalam Sampel download disini
  14. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan pengkuran kadar NaCl pada sampel dengan menggunakan metode argentometri. Di sini, dilakukan tiga kali titrasi yaitu titrasi pembakuan larutan AgNO3 ; titrasi blangko ; titrasi penentuan konsentrasi Cl- dalam larutan sampel.
  15. Penentuan Kesadahan Air download disini
  16. Pada praktikum ini, mahasiswa menentukan kesadahan total, kesadahan permanen dan kesadahan temporer dari sampel air dengan metode kompleksometri. Di sini, dilakukan tiga kali titrasi yaitu titrasi pembakuan larutan EDTA ; titrasi penentuan kesadahan permanen sampel air ; titrasi penentuan kesadahan total sampel air. Hasil kesadahan temporer dari sampel air didapat melalui rumus (Kesadahan temporer = kesadahan total - kesadahan permanen) sehingga tidak perlu dilakukan titrasi ataupun proses lebih lanjut untuk mengetahui nilai kesadahan temporer, cukup diperlukan data kesadahan total dan kesadahan permanen.
  17. Penentuan Kadar Iodium dalam Sampel download disini
  18. Pada praktikum ini, mahasiswa melakukan penentuan kadar iodium dalam sampel dengan metode iodometri

Laporan praktikum diatas adalah praktikum dasar dalam teknik kimia. Laporan yang lebih rumit akan diunggah selanjutnya. Jurnal yang ditulis adalah Bab II dan perkiraan hasil percobaan.
Untuk selanjutnya apabila teman2 mengalami kesulitan untuk menghadapi permasalahan, bisa mengomentari disini dan kami akan berusaha untuk menjawab permasalahan teman...^^. Semoga teman2 dapat terbantu dengan adanya Laporan Praktikum Teknik Kimia.

Tagged: , , , , , , ,

0 comment:

Post a Comment