Thursday 15 December 2011


Dalam sebuah reaktor batch dapat ditentukan jumlah substrat [So] dan enzim [Eo]. Hubungan konsentrasi produk atau substrat dan waktu dapat digambarkan. Harga slope awal dari kurva ini diestimasi (v = d[P]/dt|t=0 = -d[S]/dt|t=0). Setelah itu, harga v dicari hubungannya dengan [Eo] dan [So] di dalam reaktor. Banyak eksperimen yang dapat digunakan untuk mencari hubungan yang umum antara v dengan data [S].
Tetapi penentuan harga Km secara tepat dari sebuah grafik sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, digunakan metode lain untuk menganalisis data yang ada, yaitu Lineweaver-Burk Plot, Eadie-Hofstee Plot, dan Hanes-Woolf Plot.
A.    Double-reciprocal Plot (Lineweaver-Burk Plot)
      Persamaan linear yang digunakan untuk double-reciprocal plot adalah:
      V = V_\max\frac{[S]}{K_m + [S]}.  
{1 \over V} = {{K_m + [S]} \over V_{\max}[S]} = {K_m \over V_\max} {1 \over [S]} + {1 \over V_\max}

Grafik hubungan 1/v dan 1/[S] merupakan suatu garis lurus dengan slope Km/Vm dan intercept sumbu y 1/Vm. Double-reciprocal plot memberikan estimasi yang baik dalam menentukan harga Vm­, tetapi tidak untuk harga Km. Karena error yang didapatkan pada data setiap titik untuk double-reciprocal plot tidak simetri, penggunaan analisis regresi (least square) harus dilakukan dengan hati-hati. Data yang diperoleh pada konsentrasi substrat rendah lebih mempengaruhi perubahan slope dan intersept dibandingkan dengan data yang diperoleh pada konsentrasi substrat tinggi.


Gambar I.10  Double-reciprocal (Lineweaver-Burk) plot (Shuler and Kargi, 1992)

B.     Eadie-Hofstee Plot
      Persamaan linear yang digunakan untuk Eadie-Hofstee plot adalah:
                 v = -K_m { v \over [S] } + V_\max
Grafik hubungan antara v dan v/[S] merupakan suatu garis lurus dengan slope Km dan intersept sumbu y Vm. Eadie-Hofstee plot dapat memberikan error yang cukup besar karena terdapat variabel v pada kedua sumbu koordinat.
Gambar I.11   Eadie-Hofstee plot (Shuler and Kargi, 1992)

C.  Hanes-Woolf Plot
      Persamaan linear yang digunakan untuk Hanes-Woolf plot adalah:
{ [S] \over v } =  { [S] \over V_\max } + { K_m \over V_\max }                  
Grafik hubungan [S]/v dan [S] merupakan garis lurus dengan slope 1/Vm dan intersept sumbu y Km/Vm. Plot ini digunakan untuk menentukan harga Vm yang lebih akurat.

Tagged: , , , , , , , , ,

0 comment:

Post a Comment