Saturday 17 December 2011


Seringkali Anda melihat pada label minuman beroksigen tertulis dalam minuman kandungan oksigen sebesar x ppm. Sebenarnya arti oksigen terlarut dalam ppm adalah jumlah x miligram oksigen yang terdapat dalam satu liter air. 
Oksigen terlarut umumnya berasal dari difusi udara melalui permukaan air, aliran air masuk, air hujan, dan hasil dari proses fotosintesis plankton atau tumbuhan air. Oksigen terlarut merupakan parameter penting karena dapat digunakan untuk mengetahui gerakan masssa air serta merupakan indikator yang peka bagi proses-proses kimia dan biologi .

Kadar oksigen yang terlarut bervariasi tergantung pada suhu, salinitas, turbulensi air, dan tekanan atmosfer. Kadar oksigen terlarut juga berfluktuasi secara harian dan musiman, tergantung pada pencampuran (mixing) dan pergerakan (turbulence) massa air, aktivitas fotosintesis, respirasi, dam limbah (effluent) yang masuk ke badan air. Selain itu, kelarutan oksigen dan gas-gas lain berkurang dengan meningkatnya salinitas sehingga kadar oksigen di laut cenderung lebih rendah daripada kadar oksigen di perairan tawar. Peningkatan suhu sebesar 1oC akan meningkatkan konsumsi oksigen sekitar 10.
Menurut Boyd (1990), jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh organisme akuatik tergantung spesies, ukuran, jumlah pakan yang dimakan, aktivitas, suhu, dan lain-lain. Konsentrasi oksigen yang rendah dapat menimbulkan anorexia, stress, dan kematian pada ikan. Menurut Swingle dalam Boyd (1982), proses reproduksi dan pertumbuhan ikan akan berjalan dengan baik, bila dalam suatu kolam kandungan oksigen terlarut sama dengan atau lebih besar dari 5 mg/L.
Oksigen terlarut yang terkandung di dalam air, berasal dari udara dan hasil proses fotosintesis tumbuhan air. Oksigen diperlukan oleh semua mahluk yang hidup di air seperti ikan, udang, kerang dan hewan lainnya termasuk mikroorganisme seperti bakteri.

Source :
Aria, Oksigen (O2) Terlarut, http://maswira.wordpress.com/2009/05/06/oksigen-o2-terlarut-2/, 27 Maret 2011.


Baca Juga : Manfaat Oksigen Terlarut (Dissolved Oxygen)

Keywords :




Tagged: , , ,

0 comment:

Post a Comment