Wednesday, 28 December 2011

Koefisien Distribusi

Perbandingan konsentrasi solute dalam kedua pelarut adalah tetap dan merupakan suatu tetapan pada suhu tetap. Tetapan tersebut disebut tetapan distribusi atau koefisien distribusi, yang dinyatakan dengan rumus: KD = [X]o/[X]a. Dengan KD adalah koefisien distribusi, [X]o adalah konsentrasi solut pada pelarut organik. [X]a adalah konsentrasi solut pada pelarut air.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi distribusi zat dalam larutan:
1.     Temperatur yang digunakan; semakin tinggi suhu maka reaksi semakin cepat sehingga volume titrasi menjadi kecil, akibatnya berpengaruh terhadap nilai k.
2.   Jenis zat pelarut; bila pelarut yang digunakan mudah menguap maka akan sangat mempengaruhi volume titrasi, dan berpengaruh pada nilai k.
3.    Jenis zat terlarut; bila zat yang akan dilarutkan adalah zat yang mudah menguap, akan mempengaruhi normalitas, akibatnya mempengaruhi harga k.
4.         Konsentrasi; makin besar konsentrasi zat terlarut makin besar pula harga k. 

Keywords :


Anda sedang membaca artikel tentang Koefisien Distribusi dan anda bisa menemukan artikel Koefisien Distribusi ini dengan url http://artikelteknikkimia.blogspot.com/2011/12/koefisien-distribusi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Koefisien Distribusi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Koefisien Distribusi sebagai sumbernya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...