Saturday, 17 December 2011

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (S dan Ksp)


Kelarutan ( S ) ialah banyaknya zat maksimum yang dapat larut dalam 1 L larutan pada suhu tertentu ( konsentrasi maksimum zat yang terlarut ). Jadi, jika ditambahkan kembali zat terlarut yang sama, maka zat tersebut akan mengendap.
Hasil kali kelarutan ( Ksp ) adalah hasil kali konsentrasi ion- ion pada larutan jenuh dipangkatkan dengan angka koefisien pada persamaan reaksi ionisasinya pada suhu tertentu.

Zat yang mempunyai adalah zat- zat yang sukar larut atau kelarutannya kecil, dan dalam larutan jenuhnya membentuk kesetimbangan (disimbolkan dengan panah bolak- balik). Untuk larutan yang mempunyai jumlah ion yang sama banyak, nilai Ksp yang lebih besar menunjukkan kelarutan yang lebih besar atau lebih mudah larut.
Hubungan Ksp dan S dinyatakan sebagai berikut :
Ksp = (n-1)(n-1).Sn
dimana,
S = kelarutan
n = jumlah ion dari elektrolit
Jika konsentrasi larutan diketahui, maka :
AmBn → mAn+ + nBm-
Ksp AmBn = [A n+]m [B m-]n
Jika harga:
1.    [A n+]m [B m-]n < Ksp, maka larutannya belum jenuh (tidak terjadi pengendapan)
2.    [A n+]m [B m-]n = Ksp, maka larutannya tepat jenuh (tidak terjadi pengendapan)
3.    [A n+]m [B m-]n > Ksp, maka larutan lewat jenuh (terjadi pengendapan)

Keywords :

Anda sedang membaca artikel tentang Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (S dan Ksp) dan anda bisa menemukan artikel Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (S dan Ksp) ini dengan url http://artikelteknikkimia.blogspot.com/2011/12/kelarutan-dan-hasil-kali-kelarutan-s.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (S dan Ksp) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (S dan Ksp) sebagai sumbernya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...